Tulis & Tekan Enter
Logo
images

Lika-liku Perjalanan Pendidik

Lika-liku Perjalanan Pendidik

Krian (24/10), Ngaji rutinan setiap tiga bulan sekali yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Pesantren Modern Al-Amanah kali ini bertajuk "Dinamika Tugas Orang Tua/ Guru terhadap Murid/ Anak". Acara yang digelar di Gedung Siti Zahro lantai 2 ini diisi oleh KH. Salim Imron, Pengasuh Pesantren Mamba'ul Hikam Sidoarjo. Dalam pembahasannya, beliau menjelaskan mengenai bagaimana proses pendidikan anak atau murid yang ditinjau dari berbagai dimensi yang akhirnya bertujuan untuk mencapai kesalehan ritual dan kesalehan sosial, dengan kata lain menjadi insan kamil.

Patut diketahui bahwa hakikatnya setiap anak manusia terlahir fitrah dan dijadikannya anugerah sebagai nikmat dan amanah. Kemudian apakah nikmat itu disyukuri atau dikufuri? Dan apakah amanah itu dipelihara atau disia-sia? Akankah anak menjadi pelengkap kebahagiaan atau justru menjadi penyebab kesengsaraan? Dan jawabannya mampu dilihat dari bagaimana cara mendidiknya mengingat akan ada banyak tantangan yang dihadapi.

Oleh karena itu, ada beberapa tips kewajiban orang tua terhadap anak yang menjadi bekal dalam proses pendidikan, diantaranya adzan, tahnik, aqiqah, memberikan pendidikan sopan santun dan tata krama, mengajarkan ilmu pengetahuan dan Alquran, olahraga dan keterampilan hidup dan menikahkan ketika dewasa. Selain itu, ada pula kunci menjadikan anak atau murid menuju kriteria ideal yakni dengan meningkatkan kualitas IPTEK dalam bingkai sekolah dan Ä°MTAQ dalam bingkai pengajian yang disatukan dalam bingkai indah bernama Pesantren.

Terakhir beliau mengatakan bahwa anak adalah titipan dan tidak selamanya akan sesuai dengan harapan kita sebagai pendidik namun tidak ada guru yang tidak bersedih hati ketika ada diantara muridnya yang 'gagal' atau 'salah' dalam didikannya.(AI)

img-20191107-wa0003

img-20191107-wa0002



Dipost Oleh adminEdi

Edi Antawirya

Tinggalkan Komentar